Pengertian Komitmen Secara Umum, Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Komitmen Secara Lengkap
Pengertian Komitmen Secara Lengkap |
Definisi dan Pengertian Komitmen secara Umum
Jika dikaji dari segi terminologis, istilah komitmen pada dasarnya berasal dari bahasa Latin yaitu dari kata “commiter”
yang artinya adalah menyatukan, menggabungkan, mengerjakan, dan
mempercayai. Jika diartikan dari asal katanya, maka komitmen merupakan
sikap setia dan tanggung jawab yang ditunjukkan oleh seseorang yang
telah memutuskan untuk bergabung ke dalam aktivitas keanggotaan lembaga
tertentu.
Menurut para ahli sendiri, pengertian komitmen
adalah suatu janji yang diucapkan seseorang kepada dirinya sendiri dan
orang lain, yang dicerminkan dari setiap tindakan atau pun perilaku yang
dijalankannya. Menurut para ahli, komitmen sangat berkaitan erat dengan
watak, sifat, dan karakter yang ada dalam diri seseorang.
Baca Juga: Desentralisasi Adalah Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Tujuan, Bagian-bagian, Kelebihan, Kelemahan, Beserta Dampaknya
Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli
Istilah
komitmen banyak digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari bidang
organisasi, dunia kerja, hubungan manusia, dan lain-lain. Agar lebih
memahami apa pengertian komitmen, maka kita dapat merujuk pada pendapat
beberapa ahli berikut ini:
1. Steers dan Porter
Menurut
Steers dan Porter (1983), arti komitmen adalah suatu keadaan dimana
individu menjadi terikat oleh tindakannya sehingga akan menimbulkan
keyakinan yang menunjang aktivitas dan keterlibatannya.
2. Welsch dan La Van
Menurut
Welsch dan La Van (2001), pengertian komitmen adalah adalah sebuah
dimensi perilaku yang penting dan dapat digunakan untuk menilai
keterikatan karyawan pada perusahaan.
3. Greenberg
Menurut
Greenberg (2005), arti komitmen adalah kesediaan seorang karyawan untuk
memihak pada suatu organisasi tertentu dan tujuan-tujuannya serta
berniat untuk memelihara keanggotaan dalam organisasi tersebut.
4. Sri Kuntjoro
Menurut
Sri Kuntjoro, arti komitmen organisasi adalah rasa identifikasi,
keterlibatan, dan loyalitas yang dinyatakan oleh seseorang terhadap
organisasinya.
5. Griffin
Menurut
Griffin, pengertian komitmen organisasi adalah suatu sikap yang
menunjukkan sampai sejauh mana seseorang mengenal dan mau terikat dengan
organisasinya. Jika seorang anggota memiliki komitmen yang tinggi, maka
ia akan melihat dirinya sebagai anggota organisasi yang sejati.
Ciri-Ciri Komitmen
Komitmen
di dalam diri seseorang timbul karena adanya rasa tanggungjawab
terhadap sesuatu. Sebagian orang berkomitmen karena menyukai yang
dilakukannya, sedangkan sebagian orang lainnya berkomitmen karena adanya
perasaan takut kehilangan sesuatu jika tidak menjalankan komitmennya.
Adapun ciri-ciri komitmen adalah sebagai berikut:- Adanya perjanjian yang disepakati, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap pihak lain.
- Terdapat tujuan atau goal tertentu yang ingin dicapai setelah melaksanakan komitmen.
- Semua pihak yang terlibat dalam suatu komitmen harus bertanggungjawab dengan isi perjanjian.
- Adanya kesetiaan (loyalitas) dari semua pihak terhadap tujuan yang ingin dicapai.
Contoh Komitmen Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Dibawah ini merupakan contoh komitmen dalam kehidupan sehari-hari.Komitmen Untuk Diri Sendiri
Komitmen
untuk diri sendiri didasari oleh keinginan pribadi untuk hal yang lebih
baik. Contohnya seseorang berkomitmen untuk berhemat ketika ingin
membeli barang tertentu, memegang komitmen olahraga tiap hari agar
sehat, berkomitmen pada dietnya supaya badan tetap langsin, dan berbagai
hal yang dilandasi oleh keinginan diri sendiri.
Komitmen pada keluarga
Contoh
komitmen dalam keluarga motivasi berhemat atau kerja keras agar
memiliki hidup yang lebih baik. Komitmen ini berbeda dengan komitmen
untuk diri sendiri. Komitmen pada keluarga tidak hanya mementingkan diri
sendiri melainkan mencakup tanggung jawab atas keluarga.
Komitmen Kerja
Dalam
buku yang berjudul “Human Resource Management Review” ditulis oleh John
Meyer dan Natalie Allen pada tahun 1991 menyatakan bahwa tiga model
komitmen kerja seseorang untuk perusahaannya. 3 Model komitmen kerja
seseorang untuk perusahaannya adalah sebagai berikut.
- Cinta Terhadap Pekerjaan (Affective Commitment).
- Takut Kehilangan (Continuance Commitment).
- Memiliki Rasa Kewajiban (Normative Commitment).
Komitmen Dalam Hubungan
Komitmen
berfungsi guna mempertahankan suatu hubungan, baik dalam hubungan
pernikahan maupun pacaran. Seorang pasangan dalam pacaran akan saling
mejaga komitmen mereka agar tidak putus hubungan.
Komitmen Terhadap Lingkungan
Orang
yang memahami pengertian komitmen biasanya ia peduli terhadap
lingkungan. Hal ini disebabkan karena kelompok pecinta alam sudah
menanamkan tanggung jawab yang besar guna terus menjaga lingkungan pada
diri mereka. Motif komitmen terhadap lingkungan dapat berupa komitmen
afektif atau komitmen normatif, bahkan dapat dilengkapi dengan
Continuance Commitment.
Baca Juga: Pengertian/Definisi Paradigma Meliputi Teori Paradigma, Macam-Macam, dan Contoh Paradigma
Penelusuran terkait
- Jelaskan pengertian komitmen
- Arti komitmen dan konsisten
- Contoh komitmen pribadi
- Mending pacaran atau komitmen
- Komitmen adalah brainly
- Komitmen dalam hubungan tanpa status
- Jelaskan pengertian komitmen kebangsaan
- Komitmen itu seperti apa
Post a Comment for "Pengertian Komitmen Secara Umum, Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Komitmen Secara Lengkap"