Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Perusahaan Jasa Meliputi Karakteristik, Ciri-ciri,Kelebihan dan Contoh

Pengertian Perusahaan Jasa Dan Contohnya Dilengkapi Cirinya

Pengertian Perusahaan Jasa.

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau perusahaan jasa dapat diartikan juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan.
Tapi perusahaan jasa-pun memerlukan produk fisik atau yang berwujud untuk melakukan kegiatan usahanya. Misalnya seperti perusahaan transportasi umum yang menawarkan jasa transportasi kepada konsumen, maka untuk dapat melakukan kegiatan usahanya perusahaan tersebut memerlukan alat transportasi seperti bus, pesawat atau kapal laut dan alat transportasi tersebut merupakan produk yang berwujud.
Dalam membuat laporan keuangan pada perusahaan jasa terdapat 8 (delapan) langkah yang dikenal sebagai siklus akuntansi, langkah-langkah tersebut diantaranya sebagai berikut ini:
  • Transaksi keuangan.
  • Mencatat semua transaksi keuangan yang berdasarkan bukti asli dari transaksi di dalam satu periode transaksi.
  • Membuat jurnal umum, yang berdasarkan catatan dari nomer 2 tadi.
  • Membuat buku besar.
  • Membuat jurnal penyesuaian.
  • Membuat laporan keuangan, seperti laporan laba-rugi, neraca dan perubahan modal.
  • Membuat jurnal penutup.
  • Dan membuat neraca saldo.

Pengertian Perusahaan Jasa Menurut Para Ahli

Untuk memudahkan kita memahami apa itu perusahaan jasa, maka kita bisa merujuk kepada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang menawarkan suatu tindakan bersifat abstrak atau tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan pada orang lain.

2. Christian Gronross

Menurut Christian Gronross, pengertian perusahaan penyedia jasa adalah perusahaan yang dalam kegiatannya terdiri dari serangkaian aktivitas intangible yang terjadi antara pelanggan dan pegawai jasa untuk mengatasi masalah pelanggan.

3. Djaslim Saladin

Menurut Djaslim Saladin,  perusahaan jasa adalah badan usaha yang melakukan kegiatan yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan suatu pihak ke pihak lainnya.

4. Norman

Menurut Norman, pengertian usaha jasa adalah perusahaan yang melakukan tindakan atau interaksi berupa kontak sosial antara produsen dan konsumen yang lebih dari sekedar hasil suatu yang tidak terhalang.

5. Adrian Payne

Menurut Adrian Payne, perusahaan di bidang jasa adalah perusahaan yang melakukan aktivitas ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat intangible, dimana terdapat interaksi dengan konsumen atau dengan barang miliki tapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.

Karakteristik Perusahaan Jasa

Merujuk pengertian perusahaan jasa, maka dapat kita peroleh beberapa karakteristik dari perusahaan jasa. Adapun karakteristik nya seperti:
  • Kegiatan Utamanya Menjual Jasa

Karena perusahaan jasa tidak membuat produk, maka kegiatan utama perusahaan jasa pun hanya menjual atau menawarkan jasa yang dimilikinya.
  • Tidak Menyediakan Produk Dalam Bentuk Fisik

Seperti yang Anda tahu bahwa jasa merupakan bentuk intangible sehingga perusahaan jasa tidak menjual produk yang bisa disimpan atau dilihat. Meskipun produknya tidak dapat dilihat tetapi manfaat nya dapat dirasakan oleh konsumen atau penggunanya.
  • Hasil Tidak Dapat Disamakan

Hasil dari usaha jasa sangat subjektif, bergantung terhadap kepuasan konsumen atau pelanggannya. Sehingga, hasil usaha jasa tidak dapat disamakan antara satu konsumen dengan konsumen lainnya. Penyebabnya yakni karena ukuran kepuasan setiap orang berbeda. Selain itu, kualitas karyawan juga tergantung  kondisi psikologis, kesehatan, dan sebagainya. Sebagai contoh karyawan yang memiliki shift sejak pagi hingga sore pasti berbeda dalam memberikan pelayanannya, layanan pagi pasti lebih prima dibanding dengan layanan yang dilakukan sore hari saat kondisi karyawan sudah capek bukan?
  • Tidak Ada Harga Pokok Produksi

Karakteristik yang sangat membedakan antara perusahaan jasa dengan jenis perusahaan lainnya adalah tidak adanya harga pokok produksi dan penjualan. Perusahaan jasa tidak melakukan kegiatan produksi barang karena tidak membutuhkan bahan baku produksi. Hal tersebut membuat laporan keuangan pada perusahaan jasa tidak terdapat informasi tentang harga pokok produksi dan penjualan.
  • Tidak Ada Standar Harga yang Umum

Kebutuhan konsumen atau pelanggan biasanya berbeda-beda tergantung keluhan atau keinginannya. Sehingga harga jasa tidak bisa dipatok secara umum dan harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.


Ciri-Ciri Perusahaan Jasa

Dengan melihat penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa perusahaan jasa adalah perusahaan yang mempunyai aktivitas memproduksi dan menyediakan beragam jenis pelayanan seperti keamanan, kemudahan dan lain sebagainya kepada konsumen yang memerlukannya, maka perusahan jasa mempunyai ciri-ciri adalah sebagai berikut:
  • Penghasilannya berasal dari penjualan jasa
  • Dalam proses memproduksi jasa bisa atau tidak membutuhkan bantuan dari produk fisik
  • Jasa yang ditawarkan tidak sama, jadi setiap konsumen bisa mendapatkan jenis pelayanan yang berbeda dengan konsumen lainnya
  • Tidak mempunyai persediaan produk dalam wujud fisik karena produk yang dijual adalah produk yang tidak memiliki wujud. “Jasa” Jadi produk yang dihasilkan tidak bisa dilihat akan tetapi dapat dirasakan manfaatnya.
  • Seringkali tingkatan harganya mempunyai sifat yang tidak mutlak sebab murah atau mahalnya harga yang ditentukan oleh perusahaan bergantng dari tingkat kebutuhan konsumen
  • Jasa yang didapatkan tidak dapat disimpan, jadi sekali dibeli maka pemakaiannya akan langsung habis.


Ruang Lingkup Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa yang merupakan perusahaan yang hanya menyediakan dan menjual produk jasa saja untuk konsumen. Perusahaan ini tidak mempunyai persediaan bahan baku dan juga tidak memproduksi barang. Dan juga jasa yang dihasilkan perusahaan itu hanya dapat dinikmat oleh konsumen pada saat jasa itu diberikan kepada konsumen.Jadi ruang lingkup perusahaan jasa dimulai saat menyiapkan jasa hingaa pada saat menjualnya. Seperti contohnya adalah jasa dokter, ruang lingkupnya dimulai dari saat dokter memeriksa pasien dan memberikan resep obat kepada pasien.
Ruang lingkup dari perusahaan jasa tidak terlalu besar karena hanya seputar mempersiapkan jasa yang akan diberikan kepada pelanggan hingga pada saat produsen jasa menjual produk jasanya kepada konsumen tersebut.
Seperti misalnya juga pada perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi. Ruang lingkupnya hanyalah ketika konsumen membeli tiket atau menggunakan jasa transportasi untuk mencapai tempat tujuan dan membayar sejumlah uang dari jasa yang diberikan oleh perusahaan transportasi tersebut. Seperti naik bus, kereta, pesawat terbang, ojek dan lain sebagainya. Besarnya biaya yang dikeluarkan tidak tetap dan dapat lebih rendah atau lebih tinggi bergantung dari jaraknya.
Adapun ruang lingkup perusahaan jasa adalah sebagai berikut:
  1. Komunikasi: Perusahaan telepon, stasiun tv, radio
  2. Profesi: akuntan, klik bersalin
  3. Hiburan: bioskop, taman hiburan, kebun binatang
  4. Tempat tinggal: hotel, asrama, guest house
  5. Keahlian perorangan: salon kecantikan, penjahit, studio foto, pangkas rambut.


Contoh Perusahaan Jasa

Beberapa contoh perusahaan jasa di Indonesia saat ini, termasuk yang berikut:
Perusahaan jasa yang bergerak di bidang transportasi, infrastruktur dan utilitas, misalnya:
  • Indosat Tbk
  • Garuda Indonesia Tbk
  • Telekomunikasi Indonesia Tbk
  • Jasa Marga Tbk, dan lainnya.
Perusahaan jasa yang bergerak di bidang keuangan, misalnya:
  • Bank Central Asia Tbk
  • Bank Mandiri Tbk
  • Bank Danamon Indonesia Tbk
  • Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Jasa

Sama seperti jenis usaha lainnya, perusahaan penyedia jasa juga memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan jenis usaha yang satu ini:

1. Kelebihan Usaha Jasa

  • Dengan berbisnis jasa tidak membutuhkan tempat untuk display produk sehingga dalam hal sewa tempat usaha akan lebih hemat.
  • Tidak memerlukan tempat untuk penyimpanan barang atau gudang.
  • Pada badan usaha jasa tertentu tidak membutuhkan banyak karyawan sehingga menghemat pengeluaran gaji karyawan.

2. Kekurangan Usaha Jasa

  • Strategi promosi membutuhkan testimoni pelanggan sebanyak-banyaknya karena tidak ada produk yang bisa digunakan untuk demo.
  • Meskipun ada komplain, namun dalam badan usaha jasa tidak bisa mengembalikan apa yang sudah dibeli (diretur).

Demikianlah penjelasan ringkas tentang pengertian perusahaan jasa, karakteristiknya, serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bisa menjadi salah satu sumber informasi bagi Anda yang ingin membuka bisnis jasa sendiri.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Perusahaan Jasa
  • pengertian perusahaan jasa menurut para ahli
  • simpulkan pengertian perusahaan jasa
  • contoh perusahaan jasa
  • pengertian perusahaan dagang
  • ciri-ciri perusahaan jasa
  • karakteristik perusahaan jasa
  • sebutkan kelebihan perusahaan jasa
  • pengertian akuntansi perusahaan jasa

Post a Comment for "Pengertian Perusahaan Jasa Meliputi Karakteristik, Ciri-ciri,Kelebihan dan Contoh"