Pengertian Perusahaan Jasa Meliputi Karakteristik, Ciri-ciri,Kelebihan dan Contoh
Pengertian Perusahaan Jasa Dan Contohnya Dilengkapi Cirinya |
Pengertian Perusahaan Jasa.
Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha
yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan
tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau perusahaan jasa
dapat diartikan juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang
diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan
mendapatkan keuntungan.
Tapi perusahaan jasa-pun memerlukan
produk fisik atau yang berwujud untuk melakukan kegiatan usahanya.
Misalnya seperti perusahaan transportasi umum yang menawarkan jasa
transportasi kepada konsumen, maka untuk dapat melakukan kegiatan
usahanya perusahaan tersebut memerlukan alat transportasi seperti bus,
pesawat atau kapal laut dan alat transportasi tersebut merupakan produk
yang berwujud.
Dalam membuat laporan keuangan pada
perusahaan jasa terdapat 8 (delapan) langkah yang dikenal sebagai siklus
akuntansi, langkah-langkah tersebut diantaranya sebagai berikut ini:
- Transaksi keuangan.
- Mencatat semua transaksi keuangan yang berdasarkan bukti asli dari transaksi di dalam satu periode transaksi.
- Membuat jurnal umum, yang berdasarkan catatan dari nomer 2 tadi.
- Membuat buku besar.
- Membuat jurnal penyesuaian.
- Membuat laporan keuangan, seperti laporan laba-rugi, neraca dan perubahan modal.
- Membuat jurnal penutup.
- Dan membuat neraca saldo.
Pengertian Perusahaan Jasa Menurut Para Ahli
Untuk memudahkan kita memahami apa itu perusahaan jasa, maka kita bisa merujuk kepada pendapat beberapa ahli berikut ini:
1. Philip Kotler
Menurut
Philip Kotler, pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang
menawarkan suatu tindakan bersifat abstrak atau tidak berwujud dan tidak
menyebabkan perpindahan kepemilikan pada orang lain.
2. Christian Gronross
Menurut
Christian Gronross, pengertian perusahaan penyedia jasa adalah
perusahaan yang dalam kegiatannya terdiri dari serangkaian aktivitas
intangible yang terjadi antara pelanggan dan pegawai jasa untuk
mengatasi masalah pelanggan.
3. Djaslim Saladin
Menurut
Djaslim Saladin, perusahaan jasa adalah badan usaha yang melakukan
kegiatan yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang
ditawarkan suatu pihak ke pihak lainnya.
4. Norman
Menurut
Norman, pengertian usaha jasa adalah perusahaan yang melakukan tindakan
atau interaksi berupa kontak sosial antara produsen dan konsumen yang
lebih dari sekedar hasil suatu yang tidak terhalang.
5. Adrian Payne
Menurut
Adrian Payne, perusahaan di bidang jasa adalah perusahaan yang
melakukan aktivitas ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat intangible,
dimana terdapat interaksi dengan konsumen atau dengan barang miliki
tapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.
Karakteristik Perusahaan Jasa
Merujuk pengertian perusahaan jasa, maka dapat kita peroleh beberapa
karakteristik dari perusahaan jasa. Adapun karakteristik nya seperti:
-
Kegiatan Utamanya Menjual Jasa
Karena perusahaan jasa tidak membuat produk, maka kegiatan utama
perusahaan jasa pun hanya menjual atau menawarkan jasa yang dimilikinya.
-
Tidak Menyediakan Produk Dalam Bentuk Fisik
Seperti yang Anda tahu bahwa jasa merupakan bentuk intangible
sehingga perusahaan jasa tidak menjual produk yang bisa disimpan atau
dilihat. Meskipun produknya tidak dapat dilihat tetapi manfaat nya dapat
dirasakan oleh konsumen atau penggunanya.
-
Hasil Tidak Dapat Disamakan
Hasil dari usaha jasa sangat subjektif, bergantung terhadap kepuasan
konsumen atau pelanggannya. Sehingga, hasil usaha jasa tidak dapat
disamakan antara satu konsumen dengan konsumen lainnya. Penyebabnya
yakni karena ukuran kepuasan setiap orang berbeda. Selain itu, kualitas
karyawan juga tergantung kondisi psikologis, kesehatan, dan sebagainya.
Sebagai contoh karyawan yang memiliki shift sejak pagi hingga
sore pasti berbeda dalam memberikan pelayanannya, layanan pagi pasti
lebih prima dibanding dengan layanan yang dilakukan sore hari saat
kondisi karyawan sudah capek bukan?
-
Tidak Ada Harga Pokok Produksi
Karakteristik yang sangat membedakan antara perusahaan jasa dengan jenis perusahaan lainnya adalah tidak adanya harga pokok produksi
dan penjualan. Perusahaan jasa tidak melakukan kegiatan produksi barang
karena tidak membutuhkan bahan baku produksi. Hal tersebut membuat
laporan keuangan pada perusahaan jasa tidak terdapat informasi tentang
harga pokok produksi dan penjualan.
-
Tidak Ada Standar Harga yang Umum
Kebutuhan konsumen atau pelanggan biasanya berbeda-beda tergantung
keluhan atau keinginannya. Sehingga harga jasa tidak bisa dipatok secara
umum dan harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
Ciri-Ciri Perusahaan Jasa
Dengan
melihat penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa perusahaan jasa adalah
perusahaan yang mempunyai aktivitas memproduksi dan menyediakan beragam
jenis pelayanan seperti keamanan, kemudahan dan lain sebagainya kepada
konsumen yang memerlukannya, maka perusahan jasa mempunyai ciri-ciri
adalah sebagai berikut:
- Penghasilannya berasal dari penjualan jasa
- Dalam proses memproduksi jasa bisa atau tidak membutuhkan bantuan dari produk fisik
- Jasa yang ditawarkan tidak sama, jadi setiap konsumen bisa mendapatkan jenis pelayanan yang berbeda dengan konsumen lainnya
- Tidak mempunyai persediaan produk dalam wujud fisik karena produk yang dijual adalah produk yang tidak memiliki wujud. “Jasa” Jadi produk yang dihasilkan tidak bisa dilihat akan tetapi dapat dirasakan manfaatnya.
- Seringkali tingkatan harganya mempunyai sifat yang tidak mutlak sebab murah atau mahalnya harga yang ditentukan oleh perusahaan bergantng dari tingkat kebutuhan konsumen
- Jasa yang didapatkan tidak dapat disimpan, jadi sekali dibeli maka pemakaiannya akan langsung habis.
Ruang Lingkup Perusahaan Jasa
Perusahaan
jasa yang merupakan perusahaan yang hanya menyediakan dan menjual
produk jasa saja untuk konsumen. Perusahaan ini tidak mempunyai
persediaan bahan baku dan juga tidak memproduksi barang. Dan juga jasa
yang dihasilkan perusahaan itu hanya dapat dinikmat oleh konsumen pada
saat jasa itu diberikan kepada konsumen.Jadi
ruang lingkup perusahaan jasa dimulai saat menyiapkan jasa hingaa pada
saat menjualnya. Seperti contohnya adalah jasa dokter, ruang lingkupnya
dimulai dari saat dokter memeriksa pasien dan memberikan resep obat
kepada pasien.
Ruang lingkup dari
perusahaan jasa tidak terlalu besar karena hanya seputar mempersiapkan
jasa yang akan diberikan kepada pelanggan hingga pada saat produsen jasa
menjual produk jasanya kepada konsumen tersebut.
Seperti
misalnya juga pada perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi.
Ruang lingkupnya hanyalah ketika konsumen membeli tiket atau menggunakan
jasa transportasi untuk mencapai tempat tujuan dan membayar sejumlah
uang dari jasa yang diberikan oleh perusahaan transportasi tersebut.
Seperti naik bus, kereta, pesawat terbang, ojek dan lain sebagainya.
Besarnya biaya yang dikeluarkan tidak tetap dan dapat lebih rendah atau
lebih tinggi bergantung dari jaraknya.
Adapun ruang lingkup perusahaan jasa adalah sebagai berikut:
- Komunikasi: Perusahaan telepon, stasiun tv, radio
- Profesi: akuntan, klik bersalin
- Hiburan: bioskop, taman hiburan, kebun binatang
- Tempat tinggal: hotel, asrama, guest house
- Keahlian perorangan: salon kecantikan, penjahit, studio foto, pangkas rambut.
Contoh Perusahaan Jasa
Beberapa contoh perusahaan jasa di Indonesia saat ini, termasuk yang berikut:Perusahaan jasa yang bergerak di bidang transportasi, infrastruktur dan utilitas, misalnya:
- Indosat Tbk
- Garuda Indonesia Tbk
- Telekomunikasi Indonesia Tbk
- Jasa Marga Tbk, dan lainnya.
- Bank Central Asia Tbk
- Bank Mandiri Tbk
- Bank Danamon Indonesia Tbk
- Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan lainnya.
Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Jasa
Sama
seperti jenis usaha lainnya, perusahaan penyedia jasa juga memiliki
kelebihan dan kekurangan tertentu. Berikut ini adalah beberapa kelebihan
dan kekurangan jenis usaha yang satu ini:
1. Kelebihan Usaha Jasa
- Dengan berbisnis jasa tidak membutuhkan tempat untuk display produk sehingga dalam hal sewa tempat usaha akan lebih hemat.
- Tidak memerlukan tempat untuk penyimpanan barang atau gudang.
- Pada badan usaha jasa tertentu tidak membutuhkan banyak karyawan sehingga menghemat pengeluaran gaji karyawan.
2. Kekurangan Usaha Jasa
- Strategi promosi membutuhkan testimoni pelanggan sebanyak-banyaknya karena tidak ada produk yang bisa digunakan untuk demo.
- Meskipun ada komplain, namun dalam badan usaha jasa tidak bisa mengembalikan apa yang sudah dibeli (diretur).
Demikianlah
penjelasan ringkas tentang pengertian perusahaan jasa,
karakteristiknya, serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bisa menjadi
salah satu sumber informasi bagi Anda yang ingin membuka bisnis jasa
sendiri.
Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Perusahaan Jasa
- pengertian perusahaan jasa menurut para ahli
- simpulkan pengertian perusahaan jasa
- contoh perusahaan jasa
- pengertian perusahaan dagang
- ciri-ciri perusahaan jasa
- karakteristik perusahaan jasa
- sebutkan kelebihan perusahaan jasa
- pengertian akuntansi perusahaan jasa
Post a Comment for "Pengertian Perusahaan Jasa Meliputi Karakteristik, Ciri-ciri,Kelebihan dan Contoh"