Pengertian Advertising Meliputi Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Cirinya Secara lengkap
Pengertian Advertising Dan Fungsinya Atau Tujuannya |
Pengertian Advertising
Advertising adalah suatu penyajian
materi atau pesan secara persuasif kepada masyarakat melalui media massa
yang bertujuan untuk menpromosikan produk ataupun jasa yang dijual oleh
perusahaan.
Advertising adalah jasa periklanan yang
berguna untuk menekspresikan peluang sekaligus mendramatisasi produk
yang dijual oleh perusahaan melalui penggunaan percetakan dengan warna
yang berseni supaya dapat menarik perhatian konsumen atau pelanggan.
Advertising merupakan media yang sudah tersebar luas yang dapat
memungkinkan produk yang dijual oleh perusahaan dapat terjual dan
dipesan berulang-ulang oleh konsumen. Iklan juga dapat memungkinkan para
konsumen untuk menerima sekaligus membandingkan pesan yang disampaikan
dengan pesaing lainnya.
Advertising merupakan suatu usaha yang
bergerak dibidang periklanan, advertising tidak bisa lepas dari yang
namanya ide karena untuk membuat iklan membutuhkan ide yang bagus dan
kreatif. Advertising juga menyediakan jasa untuk membuat kosep,
percetakan, maupun penampatan iklan. Hal ini tergantung jenis usaha dari
advertising. Karena seiring berkembangnya dunia usaha atau bisnis,
Advertising dapat menjadi alternatif bagi usaha, karena hampir semua
perusahaan yang akan menjual produk taupun jasanya membeutuhkan
advertising.
Advertising yaitu komunikasi berbagai
ide mengenai produk atau jasa untuk para calon konsumen dengan
menggunakan alat yang berupa tulisan ataupun simbol. Jadi iklan dapat
digunakan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Selain itu
iklan juga dapat digunakan sebagai pengganti bagi para perantara produk
atau jasa.
Itulah beberapa penjelasan mengenai advertising, semoga kamu dapat mengerti atau memahami penjelasan diatas.
Pengertian Advertising Menurut Para Ahli
- Pendapat nitisemito (1991; 134) definisi dari advertising atau reklame ialah usaha yang mempengaruhi customer dengan bentuk tulisan, kombinasi maupun gambar dari seluruhnya yang diarahkan di masyarakat secara meluas.
- Menurut pendapat soehardi sigit (1992; 55) definisi dari advertising ialah penyajian menggunakan cetakan, kata-kata, tulisan, gambar-gambar maupun memakai orang, jasa dan produk yang diselenggarakan oleh sebagain lembaga denga tujuan guna mempengaruhi serta meningkatkan penjualan, penggunaan maupun mendapatkan suara, pendapat dan juga dukungan.
- Kriyantono (2008), ia menyatakan pendapat bahwa iklan adalah bentuk dari komunikasi non-personal dengan menjual pesan – pesan dengan persuasu dari sponsor jelas untuk mmempengaruhi orang supaya mau membeli produk dengan membayar biaya guna media yang telah digunakannya.
- Menurut KBBI (kmaus besar bahasa Indonesia), iklan iadalah berita maupun pesan guna mendorong, membujuk para khalayak ramai supaya tertarik dalam barang maupun jasa nya yang ditawarkan, pemberitauan pada khalayak ini tentang jasa maupun barang yang terjual, dipasang dalam media masa (miesal majalah, surat kabar) dan juga tempat umum.
Fungsi Advertising
Advertising memiliki fungsinya tersendiri yang diantaranya adalah sebagai berikut:
- Menyadarkan konsumen dan memberikan informasi tentang suatu produk dan jasa dari suatu perusahaan.
- Dapat menimbulkan rasa suka didalam diri para konsumen terhadap produk dan jasa yang akan di jual oleh perusahaan.
- Dapat pula meyakinkan kebenaran tentang barang atau jasa yang di tunjukkan di dalam iklan dan dapat juga menggerakkan konsumen untuk dapat berusaha untuk memiliki dan menggunakan jasa atau produk tersebut.
Manfaat Advertising
Adapun manfaat dari advertising antara lain adalah :
- Mengingatkan konsumen dan juga prospek customer tentang manfaat dari sebuah produk maupun jasa yang telah ditawarkan
- Membangun serta mempertahankan identitas perusahaan
- Meningkatkan reputasi dari perusahaan
- Mendorong customer guna membeli lebih banyak
- Menarik customer baru guna mengganti customer yang telah hilang
- Membantu meningkatkan penjualan
- Mempromosikan serta memperkenalkan usaha ke customer, inverstor dan beberapa pihak lainnya.
Dampak Advertising
Akan tetapi, selain berperan positif, berbagai pandangan negative tentang iklan bermunculan, diantaranya adalah :- Iklan dianggap merusak tata bahasa yang berlaku
- Iklan dianggap dapat mendorong orang menjadi matrealistis
- Iklan dianggap dapat mendorong orang membeli barang yang tidak diinginkan
- Iklan dianggap terlalu berlebihan
- Iklan dianggap menciptakan suatu stereotip
Ciri – ciri Advertising
Ada beberapa cirri yang digunakan dalam periklanan Advertising yaitu:Mengkomunikasikan tema
Periklanan mengkomunikasikan pesan penjualan tentang sutu produk dengan suatu tema teertentu pada khalayak
Bersifat jangka panjang
Periklanan memiliki dampak yang tidak langsung dan dilakukan dalam konteks upaya promosi
- Membangun citra
Periklanan ditujukan untuk membentuk citra baik terhadap manfaat suatu produk yang ditawarkan
Membedakan diri
Setiap
iklan pasti berusaha menunjukan identitas produk dan produsennya secara
tegas, sehbingga terlihat perbedaan da keunggulannya dibandungkan
dengan produk pesaing
- Memberi nilai
Iklan
memberi nilai “anggapan” terhadap produk atau jasa yang ditawarkan
sehingga akan muncul persepsi teretentu dalam diri konsumen terhadap
produk tersebut.
Perusahaan Advertising / Advertising Agency
Advertising
agency adalah bisnis yang memiliki tujuan untuk membuat, merancang, dan
menangani iklan kepada para klien. Perusahaan advertising ini biasanya
bekerja secara mandiri dan bisa menyediakan suatu sudut pandang yang
baru untuk membuat penjualan dari suatu produk atau jasa klien semakin
meningkat.
Advertising agency pada umumnya membuat sebuah iklan
dengan bantuan dari seorang desainer untuk membuat sebuah iklan yang
dapat menarik perhatian para konsumen sehingga banyak yang mau
membelinya. Namun hal ini bergantung dari advertising tersebut akan
lebih condong kemana dalam menyediakan jasa advertising mereka.
Dalam
sebuah advertising, terdapat beberapa unsur penting yang membedakan
advertising ini berbeda dengan media atau bentuk komunikasi yang lain
seperti gagasan, barang dan jasa, pembayaran dan sponsor, dan non
personal.Advertising bertujuan untuk mengekspor dan mengenalkan barang
atau jasa kepada orang-orang supaya mereka tertarik dengan produk atau
jasa yang mereka iklankan. Dengan iklan ini diharakan akan terjadi
pembelian terhadap produk / jasa yang diiklankan.
Berdasarkan
informasi yang sudah di bahas tadi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa
advertising adalah suatu bentuk kegiatan untuk meningkatkan volume
penjualan dengan cara memengaruhi pendapat customer supaya membeli
barang atau jasa yang diiklankan, dimana periklanan ini bisa berupa
tulisan, gambar, maupun kombinasi antara tulisan dan gambar yang
ditujukan untuk memberitahukan kepada khalayak umum.
Dengan adanya
periklanan ini, perusahaan yang ingin produknya dikenal oleh lebih
banyak orang bisa menghubungi advertising agency yang bisa membantu
mereka mengiklankan produk atau jasa mereka. Kedepannya usaha iklan ini
akan semakin berkembang mengingat bahwa semakin ke sini semakin banyak
perusahaan-perusahaan baru dengan produk-produk baru mereka.
Sekian artikel yang membahas tentang definisi atau pengertian
advertising, mohon maaf jika ada beberapa kesalahan maupun kekurangan
dan semoga tulisan di artikel ini dapat memberikan manfaat sekaligus
pemahaman kepada teman-teman. Sekian terimakasih…
Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Advertising
- pengertian advertising menurut para ahli
- tugas advertising
- contoh iklan advertising
- pengertian advertising secara umum adalah brainly
- pengertian advertising content
- peran advertising
- jenis-jenis advertising
- contoh advertising
Post a Comment for "Pengertian Advertising Meliputi Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Cirinya Secara lengkap"