Pengertian Riset Pasar Meliputi Tujuan, Peran dan Fungsinya Secara Lengkap
Pengertian Riset Pasar Dan Tujuannya Via: cpssoft.com |
Pengertian Riset Pasar
Riset pasar adalah sesuatu yang sangat penting dalam bisnis sebab
dengan riset pasar akan diketahui apa saja yang diperlukan pasar atau
masyarakat dan juga mengetahui para pesaing bisnis. Dengan diketahuinya
apa saja yang dibutuhkan oleh pasar dan juga pesaing yang ada dapat
membuat produk ataupun jasa yang sesuai dengan pasar dan dapat membuat
produk atau jasa dapat bersaing di pasaran.
Dengan riset pasar dapat diketahui pula
siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan, dimana
produk atau jasa tersebut di butuhkan,dan kualitas produk seperti apa
yang dibutuhkan para konsumen. Dan dapan juga diketahui seberapa besar
permintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak
dan kapan permintaan tersebut menurun dari konsumen.
Sehingga akan mempermudah saat
merencanakan strategi bisnis dan dapat menghasilkan keuntungan yang
besar atau optimal. Bisa dibilang riset pasar adalah otak dalam
berbisnis, sebab inilah yang menentukan kemana langkah strategi dalam
berbisnis. Itulah definisi riset pasar dan tujuannya.
Pengertian Riset Pemasaran Menurut Para Ahli
1. Philip Kotler
Pengertian
riset pemasaran menurut Philip Kotler adalah suatu perencanaan,
pengumpulan, analisis dan pelaporan yang sudah tersistematis dari data
atau berbagai penemuan yang relevan dengan adanya situasi pemasaran
tertentu yang telah dihadapi oleh perusahaan.
2. American Marketing Association
Pengertian
riset pemasaran menurut American Marketing adalah fugnsi yang
menghubungkan konsumen, pelanggan dan publik dengan pemasar melalui
informasi digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisi peluang dan
masalah pemasaran, menghasilkan dan menyempurnakan dan mengevaluasi
upaya pemasaran, memantau kinerja pemasaran; memperbaiki pengertian
pemasaran sebagai suatu proses.
3. Robby Susatyo
Pengertian
Riset pemasaran menurut Robby Susatyo adalah suatu pengidentifikasian
yang lebih objektif dan tersistematis, yang akan dilanjut dengan
pengumpulan, analisis, dan perangkaian beberapa informasi yang bertujuan
agar dapat memperbaiki dalam pengambilan keputusan yang masih berkaitan
dengan solusi permasalahan dan penentuan berbagai peluang dalam proses
pemasaran.
Manfaat Riset Pasar
- Riset pasar yang baik dan keputusan yang berkualitas membuat fakta-fakta dari penelitian pemasaran memastikan bertahan hidup dari bisnis di pasar.
- Dengan penelitian kualitas pasar, Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk bisnis Anda dan dalam waktu yang sama untuk mencegah benang yang akan datang dari pasar.
- Anda akan selalu tahu dan terus-menerus belajar tentang pelanggan Anda, pesaing Anda dan upaya pemasaran Anda.
Proses Riset Pasar
- Identifikasi tujuan penelitian;
- Mengumpulkan data dari pasar;
- Evaluasi data yang dikumpulkan;
- Analisis data yang dikumpulkan;
- Interpretasi data dianalisis;
- Penyebaran produk akhir dari penelitian untuk pengambil keputusan.
Jenis-Jenis Riset Pasar
Dari hasil riset pasar tersebut kamu
dapat menggunakannya untuk menciptakan sebuah usaha dan juga rencana
pemasaran atau mengukur kesuksesan rencana bisnis yang telah disusun.
Perlu diketahui terdapat jenis-jenis riset pasar, diantaranya sebagai
berikut:
1. Riset primer
Riset primer adalah riset yang bertujuan
mengumpulkan informasi atau data yang berasal dari analisis penjualan
terkini dan efektivitas yang sedang di peraktekan sekarang. Riset ini
memberikan informasi mengenai pesaing kamu.
Cara dalam melakukan riset ini:
- Dengan interview atau wawancara baik langsung (bertatap muka) atau tidak langsung (melalui telepon.).
- Dengan survey.
- Kuisioner (online/surat).
- Diskusi kelompok untuk mengumpulkan sampel konsumen atau pelanggan potensial dan mendapatkan umpan balik yang dari mereka.
2. Riset sekunder
Riset sekunder merupakan riset yang fungsinya mengalanisa data yang
telah diterbitkan. Dengan seperti itu, kita bisa menemukan pesaing dan
dapat membangun tolak ukur lalu mengidentifikasi sasaran.Untuk menggunakan data primer atau sekunder, ada dua jenis studi penelitian:
- Eksplorasi. Penelitian pasar eksplorasi mengumpulkan banyak data terbuka dari banyak orang untuk lebih memahami masalah atau peluang yang terjadi. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan persepsi dan pendapat tentang suatu masalah, sehingga perusahaan Anda dapat memutuskan bagaimana cara mengatasinya. Tetapi pertama-tama Anda harus memahami bagaimana pasar Anda melihat masalah tersebut.
- SpesifikSetelah Anda memahami masalah pasar yang lebih besar atau peluang yang ada, Anda dapat menggunakan pertanyaan spesifik untuk mengumpulkan informasi yang dapat mengarah pada produk atau layanan baru. Perusahaan riset pasar sering menggunakan pertanyaan spesifik untuk mengumpulkan umpan balik tentang kampanye iklan baru, atau untuk memperbaiki produk baru yang telah
Metode Pengumpulan Data Pada Riset Pasar
Pada bagian riset primer telah
disebutkan berbagai cara untuk memperoleh data. Pada bab ini akan
dibahas secara lebih mendetail mengenai cara mengumpulkan data pada
riset pasar.
-
Interview/Wawancara
Untuk mengetahui informasi pasar dapat
dilakukan dengan melakukan wawancara secara langsung kepada sasaran dari
riset pasar baik target market berupa pelanggan/pengguna
maupun calon pelanggan/pengguna. Wawancara dapat dilakukan secara
langsung dengan tatap muka yang biasanya dilakukan pada titik-titik
lokasi yang telah ditentukan misalkan toko tempat pelanggan membeli
produk kita. Selain itu wawancara juga dapat dilakukan melalui telefon
yang disesuaikan dengan database pelanggan yang dimiliki oleh
perusahaan. Contoh riset pasar ini biasa dilakukan oleh lembaga keuangan
(BANK) untuk mengetahui kepuasan pelanggan mereka dalam penggunaan
produk keuangan.
-
Kuisioner
Wawancara langsung maupun tidak langsung
kadangkala memiliki sisi yang mengganggu pelanggan dan terkesan
intimidatif karena dilakukan secara terbuka. Oleh karena itu terdapat
cara lain yaitu dengan memberikan kuisioner. Kuisioner diberikan secara
langsung maupun secara online yang berisi mengenai pertanyaan kepada
pelanggan mengenai informasi yang diperlukan oleh perusahaan. Untuk
lebih mengoptimalkan pengumpulan data melalui metode ini biasanya
pelanggan yang mengisi kueisioner akan diberi imbalan berupa souvenir
atau produk secara gratis.
-
Survey
Metode ini pada dasarnya memiliki
sedikit kesamaan dengan metode kuisioner yaitu dengan memberikan
beberapa pertanyaan kepada pelanggan. Namun pada metode survey dilakukan
lebih menyeluruh dengan sampel pelanggan yang lebih banyak sehingga
dapat lebih mewakili responden (pelanggan) secara keseluruhan.
-
Focus Group Discussion
Langkah focus group discussion
pada riset pasar yaitu membentuk grup diskusi yang terdiri dari sample
responden potensial atau pelanggan utama. Pembahasan diskusi adalah
lebih bersifat mengencourage peserta agar menyampaikan segala
hal yang mereka butuhkan, bagaimana kesan saat memakai produk kita, dan
kritik dan saran terhadap produk yang kita hasilkan. Informasi itulah
yang nantinya akan menjadi pertimbangan bagi strategi pemasaran
selanjutnya. Seperti halnya dengan kuisioner dan survey maka diperlukan
imbalan bagi peserta grup diskusi ini.
-
Observasi
Cara ini merupakan cara untuk
mengumpulkan data dengan melakukan pengamatan secara langsung kondisi
yang ada di pasar. Terkait dengan jumlah penjualan suatu produk di
berbagai outlet maupun ketertarikan pelanggan/calon pelanggan terhadap
produk pesaing. Langkah ini cukup efektif namun memerlukan tenaga dan
biaya yang besar karena cakupannya yang luas.
Riset Pasar – Pengertian, Tujuan, Jenis, Peran, Fungsi, Contoh |
Ruang Lingkup Riset Pemasaran
Dengan
makin berkembangnya alat-alatelektronik untuk melakukan pengolahan dan
kuantitatif ( data berbentuk angka ), misalnya electric calculator,
electronic calculator, electronic computer, maka penggunaan
metode-metode analisa kuantitatif untuk memecahkan persoalan-persoalan
social ekonomi pada umumnya dan pemasaran (marketing) pada khususnya
makin hari makin luas.
Riset
pemasaran ialah suatu kegiatan pengumpulan ( collecting) pengolahan
(processing) dan analisis ( analysis) seluruh fakta atau data yang
menyangkut persoalan yang berhubungan dengan pemindahan dan punjualan (
transfer and service ) dari produsen ke konsumen ( producers to
consumers ).Dari defenisi
tersebut jelaslah, bahwa riset pemasaran adalah riset pada setiap fase
kegiatan pemasaran ( research on any phase of marketing ), jadi tidak
terbatas pada riset yang hanya mencakup suatu tipe pesoalan pemasaran
saja, misalnya soal motivasi, soal saluran distribusi atau soal
penjualan, akan tetapi lebih luas dari pada itu.Pada dasarnya Riset pemasaran dalam arti lebih luas dapat dikatagorikan menjadi dua adalah sebagai berikut :
- Riset untuk mencari kesempatan menjual yang kemudian bisa dimanfaatkan sepenuhnya.
- Riset untuk mencari cara yang paling efesien untuk memanfaatkan kesempatan yang telah diperoleh, jagan sampai kehilangan kesempatan menjual.
Sumber Data Sekunder
Ketika melakukan riset pasar untuk lebih
memahami tren industri dan pergeseran yang lebih luas, riset sekunder
seringkali merupakan tempat yang baik untuk memulai. Beberapa sumber
yang bisa Anda gunakan untuk riset pasar bisnis Anda adalah:
- Asosiasi industri dan kelompok dagang – sebagian besar asosiasi menerbitkan laporan tahunan perdagangan khusus untuk setiap jenis industri
- Laporan pemerintah – seperti sensus ekonomi atau kebijakan fiskal
- Analis industri – mereka memantau kinerja perusahaan publik yang serupa dengan bisnis Anda
- Laporan instansi pendidikan – Anda dapat melihat laporan penelitian atau jurnal yang telah mereka terbitkan.
- Situs web – cari sumber informasi yang andal, atau mungkin Anda bisa meminta bantuan pada pihak untuk mengarahkan Anda ke sumber laporan yang memiliki reputasi baik dan dapat dipercaya
- Website kompetitor – saat pelanggan potensial membeli produk dari pesaing Anda, kemungkinan pada website pesaing Anda dapat berisi informasi, statistik, atau laporan yang bermanfaat bagi kemajuan bisnis Anda.
Contoh-Contoh Riset Pemasaran
- Riset tetang barang Produksi
Perekonomian
suatu Negara dikatakan berorentasi pada pembeli/langganan, apabila para
langganan mempunyai banyak elternatif barang produksi untuk
dipilih/dibeli. Sehingga dengan demikian pihak produsen agar bertahan
untuk hidup harus memprodusir mutu jenis barang yang memenuhi keingginan
para langgananya sebagai anggota masyarakat.
- Macamm-macam data pemasaran dalam menetukan kebiajakan produksi
Banyak
sekali data tentang pemasaran yang diperlukan oleh pimpinan suatu
perusahaan sebagai dasar untuk membuat kebijaksanaan di dalam bidang
produksi, baik mengenai teknik berproduksi maupun penyaluran
kepasar-pasar. Data-data itu adalah sebagai berikut :
- Data hasil penjualan
Time
series sales data yaitu data mengenai hasil penjualan yang
terus-menerus atau dari waku-kewaktu dikumpulkan sangat penting bagi
seorang pimpinan perusahaan, baik yang menyangkut data primer yang
dikumpulkan oleh perusahaan sendiri maupun yang dikumpulkan oleh pihak
lain sebagai data skunder.
- Data tentang konsumen
Perubahan
selera dari pihak masyarakat pembeli mengharuskan diadakanya perubahan
jenis barang produksi. Data tentang konsumen, untuk mengetahui
karesteristik dari pihak masyarakat pembeli memang sangat penting dan
hanya bisa diperoleh kalu diadakan penyedikan terhadap msyarakat.
- Analisa Pasar
Analisa
pasar adalah suatu proses untuk menentukan potensi penjualan. Yang
dimaksud dengan potensi pasar ialah suatu perkiraan kapasitas dari suatu
pasar untuk menyerap barang produksi. Perkiraan tersebut bisa
dinyatakan dalam bentuk fisik atau dalam jumlah mata uang, atau bisa
juga dalam bentuk persentase.
- Analisa Penjualan
Arti
analisa penjualan didalam pembahasan ini ialah analisa sungguhan dari
hasil penjualan. Tujuan analisa ialah untuk mencari daerah-daerah yang
kuat dan yang lemah, jenis-jenis produk yang sangat menguntungkan dan
kurang menguntungkan para pelanggan/nasabah yang mampu membeli dalam
jumalah banyak.
- Riset Tentang Motivasi
Tujuan
utama dari riset motivasi ialah untuk membantu menentukan alas
an-alasan mengapa para pembeli membeli suatu produk merk tertentu akan
tetapibukan merk yang lain.
Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Riset Pasar
- contoh riset pasar
- materi riset pemasaran
- contoh riset pemasaran sederhana
- manfaat riset pemasaran
- proses riset pasar
- kriteria riset pemasaran
- jenis riset pemasaran
- hasil riset adalah
Post a Comment for "Pengertian Riset Pasar Meliputi Tujuan, Peran dan Fungsinya Secara Lengkap"