Pengertian Pangsa Pasar Meliputi Tujuan, Contoh dan Strateginya
Pengertian Market Share (Pangsa Pasar) |
Pangsa Pasar
Pangsa pasar adalah (market segment)
bagian dari keseluruhan permintaan suatu barang yang mencerminkan
golongan konsumen menurut ciri khasnya, seperti dari tingkat pendapatan,
umur, jenis kelamin, pendidikan, dan juga status sosial.
Market share ialah bagian pasar yang
dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi jual, biasanya
dinyatakan dalam persentase. Atau Pangsa pasar (market share)
adalah persentase total dari penjualan suatu perusahaan (dari seluruh
sumber) dengan total penjualan jasa ataupun produk dalam industri.
Pangsa pasar merupakan bagian dari pasar
yang dapat dicapai oleh perusahaan. Pangsa pasar dapat menjadi salah
satu dari indikator meningkatnya kinerja pemasaran suatu perusahaan.
Seperti misalnya sebuah perusahaan pada tahun 2007 mempunyai target
pangsa pasarnya sebesar 13% dengan biaya promosi sebesar Rp. 35 juta
untuk membantu mencapai targetnya tersebut, lalu pangsa pasar yang
dicapainya mencapai 14%, maka hal tersebut menandakan kinerja dari
perusahaan yang baik.
Jika pada tahun 2007 tersebut pangsa pasar yang dicapainya hanya sebesar
12% saja, maka itu menunjukan kinerja pemasaran yang kurang baik sebab
perusahaan menghadapi masalah efesiensi dan masalah efektivitas.
Terdapat beberapa faktor yang dapat ditelusuri dalam mengkaji masalah
perusahaan yang tidak dapat mencapai target pangsa pasarnya yaitu target
pangsa pasar yang terlalu tinggi, munculnya pesaing yang baru,
menurunnya daya saing perusahaan, ataupun kegiatan promosi yang tidak
bisa mencapai sasaran.
Segmentasi Pangsa Pasar
- Segmentasi Geografis
Pemasar
biasanya memakai segmentasi geografis guna melakukan analisa pada
konsumen terhadap sebuah wilayah yang cenderung memakai produk tertentu
berdasarkan wilayahnya, contohnya wilayah atau daerah yang mempunyai
curah hujan tinggi maka sasaran yang tepat adalah berjualan payung, Jasa
hujan atau yang sangat berguna saat hujan. Dan pemasar didaerah yang
panas menjual barang contohnya kipas angin, Pendingin ruangan dsb.
- Segmentasi Demografis
Segmentasi
yang berdasarkan usia, gender, agama, suku berdasarkan manfaat dari
layanan maupun produk yang diberikan manfaat nya pun akan berbeda sesuai
dengan klasifikasi dari konsumen nya. Segementasi tersebut memungkinkan
membagi pasar sesuai pada tahap kehidupan yang ada.
- Segmentasi Psikografis
Segmentasi
yang paling berpengaruh dalam kegiatan pangsa pasar karena berhubungan
dengan gaya hidup, di zaman saat ini saat sebuah barang menjadi trending
maka akan diikuti oleh semua kalangan. Didalam perkembanganya media
sosial yang paling berpengaruh terhadap segmentasi ini.
- Segmentasi oleh Manfaat
Segementasi ini dapat berjalan sesuai dengan manfaat yang diinginkan oleh pengguna atau costumer.
- Segementasi Sesekali
Segmentasiini
tak mempertimbangkan kelas pelanggan baik bawah, menengah ataupun atas
misal dengan memberikan minuman bersoda yang ada didalam pesta
sederhana.
- Segmentasi Budaya
Segmentasi
budaya dipakai untuk mengklasifikasikan pangsa pasar berdasarkan budaya
karena budaya ialah hal yang sangat kuat dari sebuah prilaku pelanggan
dan digunakan untuk meningkatakan pengetahuan konsumen dengan model
prediksi. Segmentasi budaya bisa dipakai sebagai cara yang baik guna
membuat komunitas berdasarkan adat atau budaya tertentu.
- Segmentasi Prilaku
Sekmentasi
ini mengukur dengan tingkah laku pelanggan, serta diukur dari satus
loyalitas dan pengetahuan, sikap maupun tanggapan terkait sebuah produk
banyak pemasar yang memakai metode ini karna prilaku atau sikap ialah
langkah pertama dalam membangun pangsa pasar.
Cara Menghitung Pangsa Pasar
Memahami
pasar dan persaingan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan
mana pun. Informasi tersebut sangat penting yang memungkinkan perusahaan
untuk merespons perubahan pasar dengan lebih baik.Pangsa
pasar bisa memberi tahu berapa banyak porsi yang ada untuk diambil. Jika
pasar belum terlalu jenuh, maka perusahaan memiliki peluang untuk
meraih pangsa pasar dan menjadikan dirinya sebagai pemimpin dalam suatu
industri tertentu. Mendapatkan informasi pangsa pasar mungkin sulit jika
tidak ada banyak informasi publik yang tersedia, terutama jika ada
banyak perusahaan dalam suatu industri di pasar, sehingga diperlukan
riset pasar yang cukup mendalam.
Meskipun
pangsa pasar tidak memberikan angka pasti bagi perusahaan mengenai
profitabilitasnya, tetapi bisa memberikan wawasan utama tentang
pendapatan, pertumbuhan, dan laba bersih perusahaan. Semakin besar
perusahaan, semakin baik pelayanannya dengan biaya yang lebih efisien.
Artinya, semakin besar perusahaan, semakin ekonomis perusahaan itu dapat
menyediakan produk atau layanan kepada setiap pelanggan.Cara
paling mudah untuk menghitung pangsa pasar adalah dengan membandingkan
jumlah total penjualan untuk suatu perusahaan dan kemudian membagi
jumlah itu dengan total penjualan untuk industri tersebut.Berikut ini adalah cara menghitung pangsa pasar suatu perusahaan :
-
Tentukan Pasar
Tentukan
pasar perusahaan sebelum dapat menentukan bagiannya, yang mencakup area
geografis, jenis produk yang dijual dan demografi pelanggan yang
dilayani. Semakin spesifik pasar, semakin menunjukkan daya saing pada
pangsa pasar perusahaan tersebut.
-
Tentukan Periodenya
Tentukan
periode penjualannya sehingga perbandingan yang akan dilakukan lebih
valid. Penentuan periode penjualan bisa kuartal, satu tahun, atau
beberapa tahun.
-
Pilih Metode Pengukurannya
Metode
menghitung pangsa pasar bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama
dengan menghitung berdasarkan jumlah unit yang dijual oleh perusahaan
(total sales) sebagai persentase dari total unit yang dijual oleh
perusahaan lain di industri tersebut. Cara kedua dalam menghitung pangsa
pasar adalah dengan membandingkan pendapatan perusahaan (total revenue)
dengan total pendapatan pada industri tersebut.
-
Hitung Penjualan Perusahaan
Pada
perhitungan penjualan perusahaan sesuai dengan metode yang telah
ditetapkan, yaitu berdasarkan pendapatan total (total revenue) atau
penjualan total (total sales) selama periode tertentu.
-
Hitung Total Penjualan Di Pasar (Total Market Sales)
Angka
total penjualan di pasar atau ukuran pasar menunjukkan seberapa besar
penjualan dari seluruh perusahaan pada industri tersebut. Banyak
informasi yang diperlukan untuk menghitung total penjualan di pasar.
Informasi tersebut dapat ditemukan melalui laporan publik dari Asosiasi
Perdagangan Industri yang terkait.
Atau dapat
juga ditemukan secara online melalui sumber-sumber penelitian sekunder
seperti situs riset pasar, statistik pemerintah, dan berita. Penelitian
secara langsung di lapangan juga dapat membantu. Intinya carilah data
total penjualan di pasar dari berbagai sumber yang kredibel, sehingga
memungkinkan untuk mendapatkan Data yang paling akurat.
-
Hitung Pangsa Pasar
Rumus
pangsa pasar adalah hasil pembagian total penjualan perusahaan dengan
total penjualan pada industri tersebut dalam periode yang sudah
ditetapkan merupakan pangsa pasar dari perusahaan.
Misalnya
total penjualan produk tertentu dari suatu perusahaan adalah Rp 15 juta.
Sedangkan total penjualan semua produk tersebut dari semua perusahaan
adalah Rp 100 juta. Maka pangsa pasar perusahaan tersebut adalah Rp 15
juta / Rp 100 juta, atau sebesar 15 %.
Pangsa
pasar merupakan indikator keberhasilan suatu perusahaan dibandingkan
dengan kompetitornya. Dengan analisis pangsa pasar maka dapat diketahui
kekuatan dan kelemahan pangsa pasar. Pangsa pasar juga dapat digunakan
untuk membandingkan perusahaan serupa dalam industri keseluruhan yang
sama. Dengan menggunakan analisis pangsa pasar selama beberapa periode
juga bisa untuk melihat seberapa baik kinerja perusahaan terhadap para
pesaingnya dan apakah perusahaan mengalami pertumbuhan.
Perusahaan
yang bisa meningkatkan pangsa pasarnya untuk beberapa periode secara
berturut-turut, maka bisa dikatakan bahwa perusahaan tersebut telah
mampu membuat dan memasarkan produk yang diminati pasarnya.
Untuk
secara efektif meningkatkan pangsa pasarnya, perusahaan harus memiliki
gambaran estimasi pangsa pasar yang akurat tentang seberapa besar pasar
dari produknya dan berapa pangsa pasarnya. Mengenali dan mempelajari
pesaing terdekat atau yang paling sukses untuk mengetahui bagaimana
perusahaan akan mendapatkan pangsa pasar. Semakin baik perusahaan
memahami pesaingnya, semakin mudah untuk mengambil pelanggan dari
mereka.
Berikut ini cara meningkatkan market share atau pangsa pasar diantaranya yaitu:
- Memilih bisnis yang masih tergolong baru dan belum banyak dijalankan perusahaan lain.
- Memiliki keyakinan bahwa perusahaan tersebut akan berhasil di bisnis yang dijalankan.
- Menentukan visi dan misi perusahaan mengenai target bisnis di masa depan.
- Memperhitungkan kekuatan para pesaing atau kompetitor di industri yang sama.
- Memperhatikan pergerakan harga di industri yang dibidik dan menentukan harga yang paling sesuai.
- Menciptakan dan membangun jaringan pasar sehingga bisnis menjadi lebih besar.
Strategi Pangsa Pasar
Jika
Kegiatan Bisnis kita sudah berjalan dengan baik maka langkah
selanjutnya adalah mengembangkan pangsa pasar dengan strategi yang jitu,
berikut strategi yang bisa dilakukan :
1. Tambahkan produk serta layanan baru
Terdengar
begitu sederhana, hanya dengan menambah produk dan layanan baru pada
perusahaan. akan tetapi untuk menjalankan strategi ini dengan baik
dibutuhkan kerja keras dan tekat yang kuat. Anda harus mengerti produk
dan layanan apa yang pelanggan butuhkan.
Selain dari pada itu, banyak juga dari mereka yang ingin membayar untuk menambah jumlah produk dan layanan baru.
kemudian
pertanyaannya apakah Anda bisa memenuhi permintaan dari pelanggan atau
tidak. Cara terbaik untuk meljawab pertanyaan diatas adalah dengan
melakukan riset pasar agar dapat mengetahui apa dan berapa jumlahnya
yang diinginkan.’
2. Menjual Produk kepada konsumen yang Sudah ada dengan meningkatkan Jumlah
Dengan
metode ini, maka Anda dapat meningkatkan jumlah penjualan untuk
pelanggan yang sudah ada. Kemudian, Anda akan fokus pada penjualan serta
strategi marketing yang fokus pada segmen ini. Strategi ini juga
terlihat begitu mudah akan tetapi cukup sulit untuk dilakukan guna
menganalisis segmentasi pasar.
3. Memperluas area Pasar ke Tempat Baru
Tugas
Anda adalah mencari pelanggan baru yang berpotensial. Anda juga
memerlukan yang namanya riset/ penelitian dilapangan agar produk yang
dijual akan diterima dengan baik oleh konsumen baru. Di sini, dengan
riset/penelitian menentukan daerah mana yang akan menjadi target pasar
jika baik maka langkah berikutnya ialah memilih lokasi yang strategis
untuk mempromosikan produk kepada pelanggan baru.
4. Targetkan Pasar Serta Pelanggan Baru
Pada
umumnya pebisnis akan mempromosikan produknya berdasarkan
demografi/lokasi tertentu seperti jenis kelamin,usia atau kebiasaan yang
dilakukan oleh pelanggan.
5. Masuk Pada Sistem Penjualan Baru
Strategi
yang satu ini menuntut Anda untuk dapat memasuki ranah dunia bisnis
baru yakni ke online marketing. Sudah banyak bukti toko kecil yang
beralih menjadi toko besar dan saat ia berhasil memanfaatkan sebuah
teknologi dan sistem online marketing. dengan Teknik SEO (Search Engine
Optimization) bisa juga digunakan untuk memudahkan pelanggan pada dunia
internet menemukan produk yang anda jual.
6. Mengambilalih Bisnis Lain
Mengambil
alih usaha atau bisnis orang lain yang sudah meningkat atau yang akan
menjadi pesaing pada perusahaan anda bisa jadi akan menjadi cara untuk
peningkatan jumlah pelanggan Anda. untuk contoh Instagram di beli oleh
facebook karna bisa saja menjadi pesaing dan pastinya meningkatkan
bisnis pada facebook
Mengukur Keberhasilan Perusahaan dalam Pangsa Pasar
Pangsa
pasar adalah persentase penjualan yang dicatat oleh perusahaan dari
total penjualan pesaing bersama dalam industri tertentu.Artinya,
pangsa pasar adalah salah satu indikator yang digunakan oleh suatu
perusahaan dalam mengukur keberhasilan mereka dibandingkan dengan para
pesaingnya.Sebagai contoh, sebuah perusahaan di tahun 2008
memiliki target pangsa pasar 10% dari total pasar. Untuk mencapai target
pasar, diperlukan biaya promosi sebesar Rp40 juta.Jika ternyata pangsa pasar yang diperoleh lebih dari 10% (misalnya 12%), itu berarti kinerja perusahaan berjalan dengan baik.Sebaliknya,
jika pada tahun itu pangsa pasar yang diperoleh hanya 9% maka itu
menunjukkan bahwa kinerja pemasarannya tidak baik dan perusahaan akan
menghadapi masalah efisiensi & efektifitas.
Beberapa faktor yang perlu dieksplorasi dalam memeriksa masalah perusahaan yang tidak dapat mencapai pangsa pasar adalah:
- Ukuran pangsa pasar terlalu tinggi
- Semakin banyak pesaing baru di industri yang sama
- Penurunan daya saing perusahaan
- Promosi yang tidak dapat mencapai target pasar atau tidak tepat sasaran.
Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian market share atau
pangsa pasar, cara mengetahui ukuran pasar, dan cara meningkatkan pangsa
pasar. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.
Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Pangsa Pasar
- contoh kalimat pangsa pasar
- pengertian pangsa pikiran
- contoh pangsa pasar makanan
- pangsa pasar adalah brainly
- cara analisis pangsa pasar
- cara meningkatkan pangsa pasar
- contoh pangsa pasar dalam proposal
- contoh soal dan jawaban market share
Post a Comment for "Pengertian Pangsa Pasar Meliputi Tujuan, Contoh dan Strateginya"