Pengertian Multimedia Meliputi Sejarah, Komponen, Jenisnya dan Contohnys
Pengertian Multimedia dan Sejarah, Beserta Komponen dan Jenis-Jenis Multimedia |
Multimedia adalah berasal dari kata
“multi” dan kata “media”. Multi yang artinya banyak dan media yaitu
media ataupun perantara. Jadi multimedia adalah sebuah media dan juga
konten yang memakai atau menggunakan kombinasi bentuk konten yang
berbeda. Istilah tersebut dapat dipakai sebagai kata benda (sebuah media
yang isinya gabungan dari beberapa bentuk konten) / sebagai kata sifat
yang menggambarkan media yang memiliki beberapa bentuk konten. Istilah
tersebut sangat berbeda dengan media yang hanya menggunakan
bentuk-bentuk tradisional dari bahan cetak atau bahan produksi tangan.
Multimedia masuk ke dalam kombinasi
bentuk konten dari teks, gambar diam, audio, animasi, video serta
interaktivitas. Dengan kata lain multimedia yaitu penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan juga
video dengan alat bantu (tool) dan juga koneksi (link) sehingga
penggunanya dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya serta
berkomunikasi.
Pengertian Multimedia menurut Para Ahli
- Mc.Comick, 1996
Menurut Mc. Comick, Multimedia merupakan
gabungan dari tiga buah elemen penting yang ada di dalamnya yaitu
suara, tulisan, dan gambar.
- Robin dan Linda, 2001
Menurut Robin dan Linda, Multimedia
adalah sebuah alat yang dapat digunakan sebagai media presentasi yang
lebih interaktif dan dinamis dimana dalam media ini penggunanya dapat
mengkombinasikan berbagai macam data seperti teks, grafik, video,
animasi, dan juga audio.
- Hofstekter, 2001
Menurut Hostekter, Multimedia dalam
konteks komputer merupakan pemanfaatan komputer sebagai media untuk
membuat dan juga menyatukan data gambar, teks, grafik, dan audio dengan
menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya untuk bisa
berkreasi, berinteraksi dan berkomunikasi.
- Turban, dkk, 2002
Menurut Turban, dkk, pengertian Multimedia
adalah kombinasi dari dua buah media berupa input dan output. Media
yang dikombinasikan dapat berupa audio, video, teks, gambar, grafik, dan
animasi.
Sejarah Multimedia
Sebelum membahas lebih jauh mengenai multimedia, Anda harus mengetahui terlebih dahulu sejarah perkembangan multimedia dari tahun ke tahun.
- Keberadaan surat kabar menjadi titik awal berkembangnya dunia multimedia. Surat kabar disebut sebagai media komunikasi pertama dengan menyajikan teks, grafik dan gambar.
- Penciptaan film pertama yang dilakukan dengan mengamati setiap pergerakan yang mempengaruhi persepsi mata manusia di sekitar tahun 1830.
- 1895 – Guglielino Marconi mengirimkan transimisi radio nirkabel pertamanya di Ponthecchio, Italia.
- 1950 – Penciptaan televisi pertama sebagai media yang menampilkan video.
- 1960 – Ted Nelson menciptakan istilah hypertext.
- 1967 – Nicholas Negroponte membentuk suatu kelompok arsitektur (Architecture Machine Group).
- 1968 – Douglas Engelbart mendemonstrasikan On-Line System (NLS), program hypertext yang pertama.
- 1969 – Nelson dan Van Dam menciptakan editor hypertext awal yang disebut FRESS.
- 1976 – Architecture Machine Group mengusulkan proyek yang berjudul Multiple Media.
- 1978 – Menghasilkan Aspen Movie Map, videodisk hypermedia pertama.
Sejak diciptakannya hypermedia, maka dunia multimedia sudah menerapkan beberapa elemen yang tidak berfokus pada teks saja, melainkan elemen lain seperti grafik, audio dan video juga terlibat didalamnya.
Komponen Multimedia
Komponen multimedia berupa teks, grafik, audio, video, animasi :
- a) Teks - Tampilan dalam bentuk teks atau yang lebih dikenal dengan istilah tipografi merupakan elemen yang cukup penting dalam pembuatan multimedia. Sebagian besar multimedia menggunakan teks karena sangat efektif untuk menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Teks merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenali, serta file teksmempunyai struktur yang sederhana. Teks biasanya mengacu pada kata, kalimat, alinea, segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan.
- b) Grafik (Gambar) - Grafik atau gambar merupakan sarana pembentukan informasi yang lebih mudah untuk dipahami. Gambar juga merupakan salah satu komponen penting dalam multimedia karena dapat meringkas dan menyajikan data kompleks serta mampu menyampaikan banyak kata. Gambar dalam publikasi multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks, sebab manusia selalu berorientasi terhadap visual.
- c) Audio - Teknologi audio juga berperan penting dalam penyampaian informasi, tanpa adanya audio dalam sebuah multimedia maka hasilnya tidak lengkap. Suara atau audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice record dan efek–efek suara lain.
- d) Video - Video adalah gambar–gambar yang saling berurutan sehingga menimbulkan efek gerak. Pembuatan video dalam tampilan multimedia bertujuan untuk membuat tampilan yang dihasilkan lebih menarik.
- e) Animasi - Animasi merupakan kumpulan gambar yang ditampilkan secara bergantian dan berurutan sehingga terlihat bergerak dan hidup. Pergerakan animasi akan lebih mudah dimengerti daripada objek atau gambar diam. Selain itu, animasi lebih menarik dan mudah dimengerti daripada hanya sekedar gambar karena lebih komunikatif dalam menyampaikan suatu tujuan.
Multimedia dapat digunakan pada semua
bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang
sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan
menjadi kebutuhan setiap orang. Contoh paling dekat adalah televisi,
radio, handphone dan komputer.
Jenis-jenis Multimedia
Berdasarkan karakteristiknya, multimedia dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif.
1. Multimedia Linier
Sesuai dengan namanya, multimedia linier disebut juga dengan
multimedia satu arah, dimana tidak ada navigasi dari pengguna.
Maksudnya, pengguna tidak dapat memberikan respon terhadap informasi
yang disajikan dengan jenis linier ini. Contohnya adalah rekaman video
atau film, e-book, musik, siaran TV dan lainnya.
2. Multimedia Interaktif
Berlawanan dari jenis sebelumnya, multimedia interaktif ini
memungkinkan penggunanya dapat memberikan respon terhadap informasi
melalui kontrol navigasi yang disediakan. Contoh dari jenis multimedia
ini adalah game, pemutar video, website dan masih banyak lagi.
3. Multimedia Hiperaktif
Multimedia hiperaktif
ini mempunyai struktur dengan unsur terkait yang nantinya dapat
diarahkan oleh pengguna melalui link dengan unsur multimedia yang ada.
Multimedia Hiperaktif juga dapat diisitilahkan sebagai Richmedia.
Contoh: world wide web, web site, mobile banking, dan Game online.
4. Multimedia kits
Multimedia ini digunakan sebagai pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir oleh topik tunggal. Perangkat
yang termasuk dalam multimedia kits yaitu CD-ROM, kaset audio, gambar
statis, transparasi overhead, dan lain-lain. Multimedia kits ini banyak
digunakan karena multi sendorik dan ideal untuk digunakan dalam
proyek-proyek kecil di dalam maupun di luar ruangan.
Pengertian Multimedia : Jurusan, Jenis, Manfaat, dan Contoh |
Jurusan Multimedia
Jurusan multimedia
menjadi salah satu jurusan yang menjanjikan masa masa depan. Multimedia
telah masuk dalam daftar perangkat kinerja yang membutuhkan banyak tenaga ahli
untuk dapat mengembangkan perangkat tersebut. Di Indonesia terdapat
telah banyak SMK hingga perguruan tinggi yang memasukan multimedia
sebagai kajian tersendiri meskipun masih masuk dalam ilmu komunikasi.
Perkembangan tekonologi
memaksa industri media untuk ikut mengembangkan dan terjun dalam dunia
yang kreatif dengan pembaharuan terus menerus. Menurut QS World
University Rankings by subject tahun 2013, terdapat lima perguruan
tinggi dengan kajian multimedia dalam jurusan komunikasi terbaik di Indonesia UI, Airlangga, Brawijaya, Sanata Dharma dan UGM.
contoh pekerjaan yang akan didapat jikan anda sekolah atau kuliah pada jurusan Multimedia yaitu :
- Animator – Membuat dan Mengedit Animasi biasanya lebih cenderung pada Objek Karakter seperti Kartun atau Tokoh pada Game.
- Multimedia Design & Desainer – Membuat dan Merancang sekema Tempat dan Latar Ruangan yang bisa banyak digunakan baik untuk Entertaiment ataupun kehidupan.
- Video Editor, Pic Editor dan Audio Editing – Video editor yaitu mengedit dan membuat berbagaimacam jenis Video, Pic Editor seperti mengedit menggunakan photoshop, Mengedit Audio baik musik ataupun efek suara.
- Video Shooting dan Fotografer – Membuat dan mendokumentasikan Foto / video serta juga bisa digunakan dalam pembuatan Film.
- Webmaster – Pengelolaan Website dan Server Online yang akan membutuhkan kemampuan dari materi Pemorograman
- Kerja Kantoran – Dengan kemampuan dasar Office Komputer.
Contoh atau Kategori Multimedia
• Multimedia Communication
Multimedia Communication merupakan penggunaan
media yang memiliki fungsi mempublikasikan informasi. Media yang
digunakan dalam kategori ini adalah TV, Radio, Film, Game, Musik, Entertaiment, Tutorial, Internet, dan Media Cetak.
• Multimedia Content Production
Selanjutnya Multimedia Content Production adalah penggunaan
beberapa media yang berbeda seperti Teks, Animasi, Audio, Video, gambar
(grafik) yang dipadukan untuk mengasilkan produk multimedia seperti
musik, game, film, entertainment, dll. Media dalam multimedia content production berupa teks, audio, video, grafik, animasi, spesial efek, dan interactivity.
MANFAAT MULTIMEDIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.
a. Di Bidang Pendidikan
Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi
multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
a. Multimedia membuat pelajar mengerti isi
pelajaran
b. Multimedia membuat siswa mengingat
dengan mudah tentang isi pelajaran
c. Multimedia menyampaikan isi pelajaran
dengan canggih dan berkesan
d. Multimedia mampu menjadi sumber
pengetahuan
e. Multimedia mampu mencari hubungan
antara satu ilmu dengan ilmu lain
f. Multimedia mampu menunjukkan dunia
sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
g. Multimedia kaya dengan berbagai
aktivitas pembelajaran
h. Multimedia mampu menghibur selama
proses pembelajaran
i. Multimedia membuat terjadinya interakti
antara siswa dengan teknologi terkini
j. Multimedia memberi peluang kepada guru
untuk mengubah kaidah pengajaran
k. Multimedia membuat proses belajar dan
mengajar menjadi lebih menyenangkan
l. Multimedia memudahkan pembelajaran yang
berpusatkan pada siswa karena siswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran
sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai dengan diri sendiri
m. Multimedia mengajari setiap siswa
dengan gaya pembelajaran yang berbeda
n. Multimedia menggalakkan pembelajaran
kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui diskusi
o. Multimedia memudahkan pembelajaran yang
berasaskan konstruktivisme.
p. Multimedia memudahkan siswa mempunyai
kebebasan belajar sendiri tanpa dipengaruhi oleh pihak-pihak lain.
q. Siswa dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar
yang sesuai dengan minat dan kehendak sendiri.
b.
Di Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien
monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa
organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum
Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan
teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti
Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang
digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.
c.
Di Bidang Lain
Manfaat
komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu,
mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah :
Bidang Transportasi
Dengan
komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di
program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat
dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian
tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah
diprogram di dalam kmputer.
Dengan
komputer, narigasi kapal laut bisa
ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di
Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan
komputer.
Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor
Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan
adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email
saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti
bisa diakses sedemikian cepatnya.
Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil
di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan
bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan
bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah
ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga
manusia.
Bidang Jasa Konstruksi
Dengan
komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan
dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain
menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa
kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan
bantuan komputer.
Bidang Jasa Percetakan
Percetakan
koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan
oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau
koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan
biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu
orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan,
keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.
Bidang Industri Perfilman
Semua
efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam
dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga
di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.
Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi
untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak
menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Multimedia
- pengertian multimedia menurut para ahli
- pengertian multimedia interaktif
- pengertian multimedia pembelajaran
- pengertian jurusan multimedia
- contoh multimedia
- pengertian multimedia dan fungsinya
- materi multimedia
- jenis multimedia
Post a Comment for "Pengertian Multimedia Meliputi Sejarah, Komponen, Jenisnya dan Contohnys"