Pengertian OSIS Beserta Fungsi, Tugas,Tujuan, Sejarah, Struktur dan Arti Lambang Osis SMP SMA
Pengertian OSIS, Fungsi OSIS, Tujuan OSIS, Dan Tugas OSIS |
Organisasi Siswa Intra Sekolah (disingkat OSIS) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah.
Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS.
Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS.
Sejarah OSIS
Sebelum lahirnya OSIS, di sekolah-sekolah tingkat SLTP dan SLTA
terdapat organisasi yang bebagai macam corak bentuknya. Ada organisasi
siswa yang hanya dibentuk bersifat intern sekolah itu sendiri, dan ada
pula organisasi siswa yang dibentuk oleh organisasi siswa di luar
sekolah. Organisasi siswa yang dibentuk dan mempunyai hubungan dengan
organisasi siswa dari luar sekolah, sebagian ada yang mengarah pada
hal-hal bersifat politis, sehingga kegiatan organisasi siswa tersebut
dikendalikan dari luar sekolah sebagai tempat diselenggarakannya proses
belajar mengajar.Akibat dari keadaan yang demikian itu, maka timbullah loyalitas
ganda, disatu pihak harus melaksanakan peraturan yang dibuat Kepala
Sekolah, sedang dipihak lain harus tunduk kepada organisasi siswa yang
dikendalikan di luar sekolah.
Dapat dibayangkan berapa banyak macam organisasi siswa yang
tumbuh dan berkembang pada saat itu, dan bukan tidak mungkin organisasi
siswa tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan organisasi di luar
sekolah.Itu sebabnya pada tahun 1970 sampai dengan tahun 1972, beberapa
pimpinan organisasi siswa yang sadar akan maksud dan tujuan belajar di
sekolah, ingin menghindari bahaya perpecahan di antara para siswa intra
sekolah di sekolah masing-masing, setelah mendapat arahan dari pimpinan
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Pembinaan dan pengembangan generasi muda diarahkan untuk
mempersiapkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional
dengan memberikan bekal keterampilan, kepemimpinan, kesegaran jasmani,
daya kreasi, patriotisme, idealisme, kepribadian dan budi pekerti luhur.Oleh karena itu pembanguan wadah pembinaan generasi muda di
lingkungan sekolah yang diterapkan melalui Organisasi Siswa Intra
Sekolah (OSIS) perlu ditata secara terarah dan teratur.Betapa besar perhatian dan usaha pemerintah dalam membina
kehidupan para siswa, maka ditetapkan OSIS sebagai salah satu jalur
pembinaan kesiswaan secara nasional. Jalur tersebut terkenal dengan nama
“Empat Jalur Pembinaan Kesiswaan”, yaitu:
- Organisasi Kesiswaan
- Latihan Kepemimpinan
- Kegiatan Ekstrakurikuler
- Kegiatan wawasan Wiyatamandala
Dengan dilandasi latar belakang sejarah lahirnya OSIS dan berbagai
situasi, OSIS dibentuk dengan tujuan pokok:
Menghimpun ide, pemikiran, bakat, kreativitas, serta minat para siswa ke
dalam salah satu wadah yang bebas dari berbagai macam pengaruh negative
dari luar sekolah.
Mendorong sikap, jiwa dan semangat kasatuan dan persatuan di antara para
siswa, sehingga timbul satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah
sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar.
Sebagai tempat dan sarana untk berkomunikasi, menyampaikan pemikiran,
dan gagasan dalam usaha untuk mematangkan kemampuan berpikir, wawasan,
dan pengambilan keputusan.
Fungsi dan Karakteristik OSIS
Sebagai satu satunya organisasi
yang ada di sekolah, OSIS tentunya memiliki fungsi tersendiri. Fungsi
OSIS dapat dijabarkan ke tiga poin sebagai berikut
1. OSIS Sebagai Wadah
Dalam
fungsi ini, OSIS berperan sebagai satu satunya wadah kegiatan siswa di
sekolah. OSIS hadir untuk bersama kegiatan jalur pembinaan lain di
sekolah, seperti kegiatan latihan kepemimpinan, ekstrakulikuler, maupun
aktivitas wiyata mandala. OSIS dan kegiatan pembinaan ini berfungsi
untuk mendukung tercapainya target pembinaan siswa di sekolah.
2. OSIS Sebagai Pendorong
OSIS
disini berperan sebagai motivator bagi para anggotanya dan siswa
lainnya di lingkup sekolah. OSIS berfungsi sebagai pendorong semangat
dan inisiatif siswa untuk berbuat positif dan bergerak bersama sama
untuk mencapai suatu tujuan. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di
dalam OSIS yang nantinya dapat menjadi sarana untuk mendorong siswa
bekerjasama dalam organisasi.
3. OSIS Sebagai Pencegah
OSIS
berfungsi sebagai lembaga pencegah pengaruh negatif baik dari internal
maupun eksternal sekolah. OSIS harus memiliki kemampuan dan wawasan yang
luas agar dapat menggerakkan anggotanya untuk bersama sama mencegah
adanya kegiatan negatif yang di lakukan siswa. OSIS harus mampu
beradaptasi dengan lingkungan eksternal sehingga bisa berpartisipasi
dalam mengatasi masalah lingkungan seperti kenakalan remaja,
penyimpangan remaja dan banyak lainnya.Fungsi ini erat kaitannya
dengan fungsi pendorong pada poin sebelumnya. Kemampuan OSIS untuk
mendorong anggota dan siswa di sekolah untuk berbuat positif juga harus
dibarengi dengan kemampuannya dalam mencegah berkembangnya ide atau
pemikiran negatif yang dapat merusak kehidupan siswa di sekolah.
Ketiga
fungsi OSIS ini juga menjadi karakteristik OSIS sebagai organisasi
sekolah yang digerakan oleh siswa. OSIS memiliki corak yang khas sebagai
organisasi anak muda yang orientasinya adalah pembinaan anak muda
lainnya dalam lingkup sekolah.
Ciri dan Karakteristik OSIS
Berikut adalah ciri-ciri dan karakteristik Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) :
- OSIS berorientasi pada tujuan,
- Organisasi ini memiliki susunan kehidupan kelompok,
- Memunyai sejumlah peranan,
- Terkoordinasi dengan baik.
- Continue, berkelanjutan dalam waktu tertentu.
Tujuan OSIS
OSIS
mempunyai tujuan untuk memberikan fasilitas kepada para siswa untuk
menyalurkan harapan dan keinginannya, mengekspresikan kreativitasnya,
dan berpartisipasi untuk hal-hal yang positif.OSIS
mengemban tujuan yang positif bagi seluruh siswa di sekolah yang
berarti juga akan memberikan pengaruh positif pula pada sekolah itu
sendiri.Selain
itu, masih ada tujuan lainnya yang perlu Anda ketahui terkait
organisasi ini. OSIS juga bertujuan memaksimalkan potensi siswanya
sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan diri bagi siswa dan
sekolah tentunya.Selain itu, OSIS juga bertujuan untuk melatih keterampilan berorganisasi dan bersosialisasi para siswanya.
Tugas OSIS
OSIS
bertugas mengendalikan aktivitas siswanya untuk bisa lebih terarah dan
lebih positif. Selain itu semua siswa yang tergabung dan terlibat dalam
kepengurusan OSIS juga memiliki tugas masing-masing yang spesifik sesuai
dengan jabatan yang sudah diembannya.Bagi
setiap siswa yang sudah terlibat di dalam kepengurusan, mereka memiliki
tugas masing-masing yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab.
Di
samping semua siswa yang terlibat dalam kepengurusan OSIS, ada pembina
yang bertugas untuk mengawasi jalannya kepengurusan dan kegiatan OSIS.Beberapa guru akan dipilih untuk menjadi pembina dan mengawasi keseluruhan jalannya OSIS.
Adanya OSIS tentunya memberikan
dampak yang positif baik bagi pengusnya, siswa dan sekolah secara umum.
Kegiatan yang dilakukan OSIS dapat memberikan manfaat bagi siswa di
sekolah tersebut. Berikut adalah daftar manfaat yang dapat ditimbulkan
oleh OSIS:
- Melatih Kepemimpinan
Salah
satu aspek pembinaan dalam OSIS adalah meningkatkan kepemimpinan.
Peningkatan kepemimpinan ini dapat berupa penambahan kemampuan seorang
siswa dalam menggerakan sumber daya yang dimilikinya secara efektif.
- Meningkatkan kemampuan manajemen
Keahlian
manajemen merupakan skill penting yang wajib dimiliki seseorang.
Mempelajadi skill ini semenjak sekolah dengan OSIS adalah pilihan yang
sangat baik bagi para siswa. Dengan OSIS, siswa mampu melatihan
kemampuan mengatur, menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi program
kesiswaan.
- Pengalaman organisasi
Pengalaman
organisasi merupakan manfaat yang berharga yang akan didapat siswa dari
OSIS. Pengetahuan tentang organisasi penting bagi siswa sehingga
nantinya bisa langsung bekerjasama bila masuk organisasi selain OSIS,
misalnya saat memasuki dunia kerja nanti.
- Meningkatkan kerjasama
Skill
lain yang juga dapat dikembangkan di OSIS adalah kerjasama dalam tim.
Di OSIS, siswa diajarkan untuk bisa bekerjasama dengan siswa lainnya
untuk mencapai tujuan OSIS. Kerjasama di OSIS juga dapat berupa
kerjasama antara siswa dan pembina OSIS, yang mana merupakan Kepala
Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan beberapa guru. Kemampuan bekerja
dengan pihak yang lebih senior dan memiliki jabatan lebih tinggi akan
melatih diri siswa untuk bisa bekerja sesuai dengan porsi dan tanggung
jawab yang dimilikinya.
- Kontribusi lewat Program Kerja
Selain
mendapat manfaat untuk diri sendiri, OSIS juga memberikan peluang untuk
berkontribusi bagi pihak lain semisal sekolah, lingkungan sekitar
maupun negara. Siswa dapat menyusun dan melaksanakan program kerja yang
dapat bermanfaat untuk siswa lainnya maupun masyarakat yang lebih luas.
Misalnya, kegiatan bakti sosial atau donor darah akan sangat bermanfaat
bukan hanya bagi siswa namun juga masyarakat umum lain di luar sekolah.
Arti Lambang OSIS Via : Adatnusantara.web.id |
- Bunga Bintang sudut lima dan lima kelopak bunga : Generasi muda siswa adalh bunga harapan bangsa, bunga berwarna putih menunjukan kemurnian jiwa siswa yang beribtikan Pancasila, di lukiskan dalam bentuk bintang sudut lima.Para siswa berdaya upaya melalui lima jalan dengan kesungguhan hati , agar menjadi waga negara yang baik dan berguna. Kelima jalan tersebut dilukiskan dalam bentuk lima kelopak daun bunga , yaitu abdi, adab, ajar, aktif dan amal. Mengenai aktif , ajar dan amal , yaitu kewajiban utama siswa dengan landasan (abdi terhadap Tuhan Yang Maha Esa ,loyalitas terhadap bangsa dan negara) dan adab (terhadap orang tua, gur dan pimpinan) dijelaskan lebih lanjut dengan gambar
- Buku Terbuka : Kewajiban utama siswa yang pertama, adalah “Belajar Keras” menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan usaha penalaran di dunia pengetahuan akan dimiliki dan sumbangsih siswa terhadap pembangunan bangsa dan negara akan lebih meningkat.
- Kunci Pas :Kewajiban utama siswa yang kedua, adlah “bekerja keras”. Kemauan bekerja keras dab kesenangan bekerja akan menumbuhkan rasa percaya pada kemampuan diri dan bebasdari ketergantungan pada kedermawanan/belas kasihan orang lain . Keterampilan praktis yang segera dapat dirasakan manfaatnya bagi bekal hidup siswa, bila dimiliki , menyebabkan siswa berani mandiri. Kunci Pas adalah alat kerja yangdapat membuka semuapermasalahan dan kunci pemecahan dari segala kesulitan .
- Dua tangan Tertbuka :Kewajiban utma siswa yang ketiga, adalah “berbakti” Kesediaan menolong orang lain yang lemah dan kurang; sesama siswa dan masyarakat memerlukan pertolongan dan bantuan, bila dilakasanakan secara spontan (peka dan tanggap) menunnjukan adanya sikap mental siswa yang baik dan bertanggung jawab.
- Biduk :Wadah usaha pembinaan adalh OSIS,yang di gambarkan dengan bentuk sebuah biduk/perahu, yang melaju di lautan hidup menuju masa depan yang lebih baik, yaiutu tujuan nasional yang di cita-citakan.
- Pelangi Merah Putih :Tujuan nasional yang di cita-citakan (digambarkan seperti bentuk jembatan pelangi merah putih) adalah masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera (gambar bentuk padi dan kapas)baik materil maupun spiritual.
- Tujuh belas butir padi ,Delapan Lipatan pita, empat buah kapas dan Lima daun kapas :17-8-1945 adalah peristiwa penegakan jembatan emas kemerdekaan Indonesiamengandung nilai-nilai perjuangan ’45 yang harus dihayati para siswa, sebagai kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional. Kemerdekaan yang telah ditebus dengan mahal perlu diisi dengan partisipasi penuh para siswa.
- Warna Kuning :Sebagai dasar lambang adalh warna kuning yaitu warna kehormatan/agung. Adalah suatyu kehormatan, apabila para generasi muda siswa percaya dan diberi kepercayaan untuk berbuat yang baik dan bermanfaat melaui organiusasi, untuk kepentingan dirinya dan sesama mereka, sebagai salah satu sumbangsih nyata kepada tanah air, bangsa dan negara.
- Warna Coklat :Warna Coklat adalah warna tanah Indonesia; berpijak kepada kepribadian dan budaya sendiri serta rasa nasional Indonesia
- Warna Merah Putih :Warna merah putih adalah warna kebanggaan Indonesia; dengan hati yang suci berani membela kebenaran .
Penelusuran yang terkait dengan PENGERTIAN OSIS
- pengertian osis menurut para ahli
- pengertian osis dan mpk
- dasar hukum osis
- tugas ketua osis
- manfaat osis
- kegiatan osis
- peran osis
- arti lambang osis
Post a Comment for "Pengertian OSIS Beserta Fungsi, Tugas,Tujuan, Sejarah, Struktur dan Arti Lambang Osis SMP SMA"